Tips Memilih Laptop untuk Edit Video

Tips Memilih Laptop untuk Edit Video

Others

Sebelum mengedit video, tidak hanya kemampuan atau skill mengedit yang diperlukan namun juga device yang dipergunakan. Personal computer atau lebih direkomendasikan untuk mengedit video karena spesifikasinya, ketahanan dan juga kenyamanan dalam menggunakannya. Namun, kini banyak laptop yang memang dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi. Jika Anda hendak menggunakan laptop, berikut ini merupakan beberapa hal penting yang bisa menjadi pertimbangan memilih laptop untuk edit video.

  • Processor dan RAM

Dalam memilih laptop untuk edit video, hal pertama yang harus diperhatikan adalah processor dan RAM. Untuk processor, semakin banyak jumlah core yang dipergunakan maka akan semakin bagus. Ini karena laptop tersebut dipergunakan tidak hanya untuk editing, encode, export file video namun juga rendering. Disarankan, processor yang digunakan minimal AMD Ryzen Series dan Intel Core i7 and i9.

Tips Memilih Laptop untuk Edit Video
Tips Memilih Laptop untuk Edit Video

Sedangkan untuk RAM, minimal RAM laptop adalah 16 GB. Jikapun ada keterbatasan dana, RAM 8GB adalah yang paling minimal untuk digunakan agar laptop Anda kuat untuk editing video. Jika dipergunakan untuk mengedit video 4K atau lebih, maka RAM minimal adalah 32 atau 64 GB. Dengan besar RAM tersebut. Anda tidak hanya akan nyaman untuk menggunakannya saat edit video, namun juga mencoba cara belajar desain logo.

  • SSD dan HDD

Jika dibandingkan dengan foto, Anda tentu perlu untuk menyiapkan space yang lebih besar agar dapat menampung atau menimpan video mentah dan hasil editing. Penggunaan SSD pada laptop akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih cepat. Sedangkan HDD yang besar akan membantu Anda untuk menyimpan video dan file lainnya dengan jumlah yang lebih banyak.

  • Kartu Grafis

Kartu grafis ini akan mendukung untuk menampilkan grafis, baik bentuk maupun warna yang sesuai dengan yang aslinya atau setidaknya mendekati warna aslinya. Jenis kartu grafis yang bisa digunakan adalah seri GTX, RTX, NVIDIA atau jenis RX yang dikeluarkan oleh AMD. Dengan kartu grafis tersebut, proses rendering juga akan menjadi lebih cepat. Terlebih jika Anda akan merender video dengan durasi yang cukup panjang.

Selain untuk mengedit video, jika laptop Anda menggunakan kartu grafis yang tinggi, bisa digunakan juga untuk bermain game. Dengan begitu, saat Anda sedang bosan mengedit video, Anda bisa bermain game.

  • Layar

Perhatikan ukuran layar. Semakin besar layar akan semakin memudahkan Anda untuk mengedit video yang Anda inginkan. Apalagi saat ini banyak jenis laptop grafis yang memiliki layar yang cukup besar yaitu sekitar 17”. Jika tidak ada, Anda bisa memilih layar dengan ukuran 15” atau 14”.

Selain ukuran layar, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai resolusinya. Laptop dengan resolusi 1080p sudah menjadi pilihan tepat untuk editing video. Bahkan resolusi tersebut sudah banyak digunakan di laptop kelas menengah ke atas.

Itulah tips untuk memilih laptop untuk edit video. Jangan lupa, selain mempertimbangkan spesifikasi tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan berapa budget yang Anda miliki.