Mengenal Exposure pada Teknik Dasar Fotografi

Mengenal Exposure pada Teknik Dasar Fotografi

Others

Tidak bisa dipungkiri saat ini banyak orang yang mencoba mendalami fotografi. Dalam pemahaman tersebut, ada banyak teknik yang perlu dikuasai seperti pemahaman mengenai eksposur. Untuk tahu apa itu exposure dalam teknik dasar fotografi, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Exposure

Pengertian exposure berkaitan dengan banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke sensor gambar atau film. Bisa dikatakan juga bahwa exposure berkaitan dengan gelap terang dari foto. Jadi, foto yang terlihat gelap akan dikatakan under exposure sedangkan terlalu terang disebut over exposure.

Jadi, semakin banyak cahaya yang masuk ke kamera akan membuat gambar semakin terang. Karena itu, ketika Anda tidak memahami exposure dan cara pengaturannya, maka konten sosial media dari Indonesia tidak akan maksimal.

Segitiga Exposure

Dalam teknik dasar fotografi, exposure ditentukan oleh 3 elemen yaitu aperture, shutter speed dan ISO. Ketiganya saling berpengaruh satu sama lain terutama saat Anda memotret dengan pengaturan manual. Salah pada salah satu pengaturan tersebut akan berakibat pada foto yang Anda ambil.

Mengenal Exposure pada Teknik Dasar Fotografi
Mengenal Exposure pada Teknik Dasar Fotografi

Mengatur Exposure Triangle

Untuk mendapatkan pengaturan yang tepat, bisa dikatakan mudah-mudah susah. Sebelum memulai pengaturan, ketentuan berikut ini tidak boleh dilewatkan:

  • Semakin rendah shutter speed maka akan membuat objek semakin blur. Semakin tinggi shutter speed misalnya 1/1000, maka pergerakan objek akan terlihat sangat jelas.
  • Semakin rendah aperture (misalnya f/22) maka objek terlihat lebih jelas. Sedangkan aperture yang tinggi misalnya f/2.8 memungkinkan Anda mendapatkan bokeh selain pada objek fokus Anda.
  • Semakin rendah ISO misalnya 100 akan membuat gambar semakin gelap dan tidak grainy atau noise. Sedangkan semakin tinggi ISO seperti 6400 membuat gambar semakin terang namun juga semakin besar noise.

Akan susah jika Anda mengingat hal tersebut, terlebih jika Anda tidak terlatih dan tidak memiliki kamera sendiri. Namun, point berikut ini bisa menjadi acuan untuk Anda menentukan exposure yang tepat:

  1. ISO yang kecil akan membuat foto lebih bersih, tidak grainy dan tidak noise sehingga warnanya akan semakin kuat. ISO 100-400 bisa digunakan untuk outdoor, 400-3200 untuk keperluan indoor. Sedangkan saat gelap, gunakan ISO di atas 1600.
  2. Jika Anda hendak menggunakan shutter speed yang lambat, gunakan tripod, misalnya untuk street fotografi memotret jalan dan kendaraan. Ini karena saat shutter speed lambat, tangan Anda akan kesusahan memegang kamera untuk tetap diam dan tidak tremor. Sehingga perlu bantuan tripod.
  3. Jika shutter speed And acepat, maka gunakan aperture dan ISO yang lebih tinggi agar cahaya yang masuk mencukupi. Jika tidak, gambar yang akan Anda ambil akan terlihat gelap.

Jika Anda ingin memperdalam exposure dalam teknik dasar fotografi, Anda tentu harus sering berlatih. Dengan begitu, kemampuan Anda dalam memotret juga akan semakin baik.