Cek Status Paspor Lewat Website dan WhatsApp Mido

Cek Status Paspor Lewat Website dan WhatsApp Mido

Others

Saat ingin pergi keluar negeri, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah passport. Tanpa adanya passport, Anda tidak akan bisa keluar masuk suatu negara dengan aman dan nyaman. Untuk mengajukan paspor tersebut, Anda bisa mengajukan langsung lewat website. Anda juga bisa cek status paspor lewat website. jadi, Anda tidak perlu ke kantor imigrasi.

Cek Status Paspor Lewat Website dan WhatsApp Mido
Cek Status Paspor Lewat Website dan WhatsApp Mido

Untuk tahu cara cek status paspor lewat website, Anda hanya perlu melakukan hal berikut ini.

  1. Buka situs dirjen imigrasi terlebih dahulu.
  2. Pilih cek status permohonan kemudian masukkan nomr permohonan yang terdapat di bagian lembar bukti yang sudah Anda miliki. Setelah itu, Anda akan tahu status tentang permohonan passport. Misalnya status serahkan paspor.

Cek Lewat WhatsApp Mido

Jika Anda kesusahan untuk mengecek status paspor Anda dengan menggunakan website, Anda bisa menggunakan whatsApp Mido. Mido ini sendiri merupakan fitur layanan yang bertujuan untuk melayani informasi mengenai biaya dan persyaratan pembuatan paspor. Selain itu, lewat layanan ini, Anda juga bisa mengajukan pengaduan serta saran.

Layanan ini tidak hanya digunakan oleh WNI namun juga WNA untuk mengecek status izin tinggal. Dengan begitu, Anda mengecek status dengan mudah.

Jika Anda hendak mengecek status penerbitan paspor dengan menggunakan WA Mido, caranya adalah:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi WA yang ada di smartphone Anda.
  2. Masukkan passport <spasi>16 digit kode permohonan yang sudah Anda miliki. Kode ada di bagian sisi kanan atas di lembar bukti pembayaran dari petugas imigrasi.
  3. Kirimkan pesan tersebut ke nomor 08112696999. Kemudian tunggu hingga beberapa saat. Nantinya Anda akan mendapatkan balasan dari pihak migrasi.
  4. Balasan tersebut berupa status pengajuan paspor. Biasanya, paspor sudah jadi H+7 setelah pembuatan. Walaupun begitu, jika H+3 passport belum diterbitkan, maka Anda wajib melapor pihak imigrasi.
  5. Jika paspor sudah jadi, maka Anda harus mengambil paspor tersebut maksimal 30 hari dari tanggal penerbitan. Jika lebih dari itu dan Anda belum mengambilnya, maka pihak imigrasi akan menganggap jika Anda batas melakukan permohonan pembuatan paspor.

Menggunakan SMS

Selain menggunakan website dan WA, untuk mengecek status paspor yang dibuat, maka Anda bisa menggunakan SMS. Caranya adalah ketikkan STATUS <spasi> kode 16 digit dari NIK e-ktp yang Anda miliki. Kemudian kirimkan ke 081219191847.

Sayangnya, cara ini hanya berlaku di daerah tertentu saja. Akan lebih baik untuk mengecek daerah yang dituju terlebih dahulu atau cek di mesin pencari nomor telepon kantor imigrasi yang dituju. Misalnya di Semarang atau di Yogyakarta. Setelah itu Anda bisa langsung menanyakan mengenai status passport Anda.

Dengan cek status paspor lewat website tersebut, Anda akan menjadi lebih mudah dan praktis. Jika Anda juga ingin lebih praktis misalnya untuk website Anda, gunakan jasa pembuatan website profesional yang tepat. Tapi, jangan lupa untuk mengambil paspor sesuai dengan waktu yang ditentukan ya.