Tips Membuat Desain Logo : Relevansi Sangat Penting!

Design

Banyak orang mencari tips membuat desain logo demi menjawab satu pertanyaan yang sangat mendasar : seperti apakah kriteria logo yang efektif untuk mencapai tujuan organisasi? Baik untuk organisasi profit maupun non-profit, untuk meningkatkan keuntungan sekaligus memperkuat kredibilitas, logo memang harus dibuat dengan mengacu pada kritera-kriteria ideal.

Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi penilaian terhadap sebuah logo, di artikel ini kami akan membahas satu faktor penting secara spesifik, yaitu relevansi. Sebuah logo harus relevan dengan profil organisasi. Untuk memahami unsur relevansi logo secara lebih dalam, silahkan membaca uraian di bawah ini.

 

Tips Membuat Desain Logo yang Relevan dengan Profil Organisasi

  • Gambar

Konon, sebuah gambar bisa menjelaskan lebih banyak makna daripada kata-kata. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Kami pun menekankan pemilihan gambar sebagai aspek penting dalam tips membuat desain logo. Apalagi dari sudut pandang relevansi, Anda harus mampu memilih gambar yang tepat berdasarkan profil organisasi.

Logo Shopee misalnya, menggunakan gambar tas belanja sebagai logo utama. Ini sejalan dengan aktivitas bisnis Shopee sebagai marketplace, yaitu menyediakan tempat jual-beli online untuk masyarakat.

Anda bisa mulai merancang konsep logo dengan pemilihan gambar yang ideal untuk organisasi Anda. Grafik yang bergerak naik untuk perusahaan investasi, gambar pohon untuk organisasi peduli lingkungan, simbol hashtag (#) untuk cek backlink paling akurat, dan lain sebagainya.

 

  • Warna

Selain gambar, warna juga penting dalam tips membuat desain logo. Dari segi relevansi, gambar harus sesuai dengan profil bisnis sekaligus profil pelanggan. Setiap bisnis pasti menyediakan barang atau jasa yang ditujukan untuk kelompok masyarakat tertentu. Jenis produk dan sasaran konsumen inilah yang harus dipertimbangkan saat memilih warna untuk logo.

Jika bisnis Anda memproduksi kosmetik untuk wanita, gunakan warna-warna yang menonjolkan kesan feminim, misalnya merah muda. Lain halnya jika Anda ingin membuat logo untuk komunitas otomotif, warna-warna maskulin seperti merah dan hitam tentu lebih relevan. Apa pun sektor bisnis yang Anda jalankan, pilihlah warna yang mencerminkan aktivitas bisnis Anda.

 

  • Gaya Teks

Tips membuat desain logo juga harus didukung dengan pemilihan jenis teks yang relevan dengan aktivitas organisasi. Sama seperti gambar dan warna, setiap jenis teks juga memiliki kesan dan makna tersendiri. Karena itulah memilih jenis teks juga sangat penting untuk memperkuat kesan pada logo Anda.

Produk yang dibuat untuk anak-anak sangat cocok menggunakan teks dengan gaya yang ceria dan warna-warna cerah. Sedangkan logo untuk konsultan hukum harus menguatkan kredibilitas dan profesionalitas, sehingga dibutuhkan jenis teks yang lebih baku dan formal. Sekarang, pikirkanlah jenis dan gaya teks yang tepat untuk logo organisasi Anda.

 

Logo yang Relevan Adalah Wajah Organisasi

Logo adalah identitas utama bagi sebuah organisasi. Logo akan disebarluaskan sebagai pembeda organisasi Anda dari organisasi-organisasi lainnya. Dengan kata lain, logo adalah wajah bagi suatu organisasi. Apa pun bentuk dan tujuan dari organisasi tersebut, tips membuat desain logo di atas harus selalu Anda ingat dan terapkan.