Risiko Ketika Berani Menulis yang Perlu Diketahui

Risiko Ketika Berani Menulis yang Perlu Diketahui

Others website

Banyak orang yang tidak tahu apa saja risiko ketika berani menulis. Namun jangan menganggap bahwa resikonya sangat besar dan bahkan membahayakan. Justru sebaliknya, ketika seseorang berani menulis, risiko yang didapatkan sebenarnya sangat bermanfaat. Hanya saja bagi orang-orang yang mau menerimanya dengan tenang.

Setiap hobi pasti tidak selamanya bisa dilakukan tanpa ada pertentangan. Begitu juga dengan menulis. Namun tidak semua pertentangan atau halangan akan membuat seseorang berhenti. Justru ini yang seharusnya dijadikan sebagai salah satu motivasi. Apalagi menulis adalah kegiatan yang cukup menarik bukan?

Lalu, setelah membaca judul tulisan ini apa yang Anda pikirkan? Jika berpikir bahwa menulis adalah sebuah hobi yang beresiko, maka Anda salah. Lalu apa maksudnya bahwa berani menulis sekalipun memiliki risiko? Karena itu, untuk memahaminya dengan mudah maka Anda perlu membacanya.

Harus Berani Dinilai

Setiap hal pasti memiliki penilaian, begitu juga ketika ada sudah memutuskan untuk menulis. Risiko ketika berani menulis tentu saja harus berani dinilai juga bukan? Bagaimana tulisan Anda mau berkembang ketika tidak ada orang yang menilainya. Penilaian orang juga penting untuk memilih tulisan yang diminati.

Misalnya Anda sedang menulis sebuah cerpen romantis. Ada pembaca yang tidak suka alur cerita karena terlalu susah ditebak. Pembaca tersebut menyampaikan hal itu kepada Anda sebagai penulis. Ini merupakan hal wajar bagi setiap penulis ketika tulisanya dibaca oleh banyak orang dari berbagai latar belakang.

Jangan Pernah Rendah Diri

Hingga kini sudah ada banyak sekali orang yang menekuni dunia menulis. Misalnya menjadi seorang artikel di beberapa tempat seperti media online, koran, atau sejenisnya. Namun terkadang bagi seorang penulis baru, ada kritik terhadap tulisanya. Hal ini lumrah karena belum ada pengalaman.

Jika mendapatkan kritik tajam, jangan pernah merasa rendah diri. Memiliki pikiran seperti itu hanya akan membuat tulisan menjadi lebih kacau. Sering membandingkan dengan tulisan orang lain yang sudah berpengalaman. Jadi ketika sudah mulai memberanikan diri menulis, maka harus berani juga mendapat kritikan.

Harus tetap Rendah Hati

Pernahkah Anda mengirim sebuah tulisan dan kemudian dimuat dalam majalah tertentu? Bagaimana rasanya? Pasti sedikit banyak timbul rasa bangga karena berhasil dimuat. Namun sebenarnya ini adalah risiko ketika berani menulis. Ketika mendapatkan apresiasi biasanya cenderung membanggakan diri.

Meskipun ada pujian atau apresiasi dari banyak orang, Anda harus tetap rendah hati. Ketika mampu menjaga tetap rendah hati, maka orang lain akan mau memberikan nasihat atau saran. Nasihat seperti ini dibutuhkan ketika Anda sedang kesulitan memikirkan tulisan apa yang akan dibuat.

Sebenarnya setiap hobi memang memiliki risiko masing-masing. Hanya saja Anda bisa mengatasi masalah tersebut atau tidak. Semakin baik Anda mengendalikan risiko ini, maka semakin berkembang juga tulisan Anda. Risiko ketika berani menulis ini akan menjadi pengingat Anda dalam dunia kepenulisan.