Perbedaan Menulis Daftar Pustaka dari Internet dan Cetak

Perbedaan Menulis Daftar Pustaka dari Internet dan Cetak

Others

Menulis sebuah karya ilmiah, atau penelitian hingga skripsi pastinya tak jauh-jauh dari pembuatan daftar pustaka yang benar agar bisa dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai referensi yang Anda gunakan.

Dalam mencari referensi biasanya menggunakan referensi dari internet atau online dan referensi cetak. Namun, dengan dua referensi pendukung yang berbeda, tentunya memiliki gaya menulis daftar pustaka dari internet dan cetak yang berbeda. Berikut ini perbedaan gaya penulisan daftar pustaka tersebut.

  1. Daftar Pustaka dari Jurnal maupun Artikel Ilmiah Cetak

Biasanya, referensi pendukung diambil dari buku, koran, maupun skripsi orang lain sehingga gaya penulisan yang anut juga berbeda. Pada penulisan daftar pustaka menggunakan media cetak ada dua cara yakni gaya penulisan APA (American Psychological Association) dan MLA (Modern Language Association).

Format penulisan keduanya sedikit berbeda. Dibandingkan dengan APA Style, MLA memiliki cara sederhana dan mudah saat menulis daftar pustaka dari jurnal. Urutan format penulisan pada APA ialah nama pengarang (.) tahun terbit (.) judul artikel.

Misalnya, J.K Rowling. (1998).The Theory of Harry Potter and The Magic Wands. Apabila penulis lebih dari satu orang, maka pada bagian nama pengarang ditulis sebanyak nama pengarang penulis dan dipisah menggunakan (.) titik.

Sedangkan penulisan menggunakan format MLA ialah Nama akhir penulis (,) Nama pertama (.) “Judul  artikel”(.) Nama jurnal yang ditulis miring(.) tahun publikasi (:) Media yang digunakan antara cetak atau online. Contohnya, Dewi, Sri. “Cara Mengatur Keseimbangan Tubuh”. Penelitian Guru SD Sejahtera. Edisi 2010: Cetak.

  1. Daftar Pustaka dari Jurnal Internet

Untuk penulisan daftar pustaka jurnal internet tentunya berbeda dengan jurnal cetak atau buku, terutama pada penulisan sumber. Pada daftar pustaka jurnal internet link website dan tanggal akses website perlu dicantumkan dengan lengkap. Gaya yang digunakan pun berbeda yakni menggunakan gaya MHRA atau Modern Humanities Research Association.

Format menulis daftar pustaka dari internet yang baik dan benar sebagai berikut nama website, “judul artikel”, deskripsi singkat mengenai isi artikel, tanggal artikel dibuat, link artikel.

Contohnya, https://www.daftarpustaka.org, “5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Planet Mars”, Pengetahuan Tentang Planet Mars, 29 Februari 2019, <https://www.daftarpustaka.org/planet-mars/> (diakses pada 11 Februari 2020).