Kawat Seling Berkualitas : Ini Fungsi dan Jenis-Jenis Kawat Seling!

Others

Apakah Anda pernah mendengar atau justru sudah familiar dengan kawat seling? Kawat seling merupakan salah satu peralatan yang sering dijumpai dalam industri lifting. Anda juga bisa menemukannya di Megajaya.co.id sebagai distributor resmi yang jual kawat seling.

Apa Itu Kawat Seling?

Kawat seling adalah sejumlah pilinan kawat yang dibentuk menjadi satu dan disebut juga sebagai strand. Kemudian dari beberapa strand tersebut dipilin lagi menjadi satu kesatuan dalam bentuk wire rope. Wire rope memiliki karakteristik yang sangat beragam. Tiap-tiap wire rope menawarkan karakteristik berbeda menyesuaikan seri dan jenisnya.

Wire rope memiliki keunikan karakteristik tersendiri diantaranya memiliki kekuatan tarik tinggi, kekuatan pengaruh lingkungan, fleksibilitas tinggi, dan produk sling bisa dibuat dengan ukuran lebih panjang.

Jenis-Jenis Kawat Seling

Sumber : megajaya.co.id

Kawat seling memiliki jenis yang sangat beragam, dimana masing-masing jenis mempunyai fungsi tersendiri. Berikut beberapa jenis produk kawat seling, yaitu :

1. Mechanical Splice

Mechanical splice artinya dibuat memakai mesin press. Mesin tersebut melakukan pengepresan fellure yang telah dikaitkan ke tali baja.

2. Hand Splice

Jenis ini termasuk jenis kawat seling yang dibuat manusia menggunakan alat khusus dari besi yang berguna untuk melakukan penganyaman pada masing-masing strand.

3. Stop End

Jenis stop end dibuat menyerupai mechanical splice. Pembuatan kawat ini memanfaatkan mesin pres ferrule, hanya saja perbedaannya adalah pada proses pembuatannya. Dalam prosesnya tali baja hasil pemotongan tidak ditekuk tetapi di press secara langsung dengan ferrule pada bagian ujungnya.

4. Socket

Jenis keempat ialah kawat seling socket dengan pembuatan secara manual memakai alat tambahan bernama socket. Biasanya alat ini dikaitkan memakai cairan pengeras atau resin supaya antara socket dan tali baja menempel sekaligus terkunci dengan kuat.

5. Wire Clip Splice

Jenis yang terakhir ialah kawat seling dengan pembuatan secara manual memakai kunci pas dan tangan manusia.

Fungsi Kawat Seling

Biasanya kawat seling banyak diaplikasikan pada industri yang ada di daratan, tapi penggunaan paling banyak seringkali di dunia pelayaran dan perkapalan yang selalu kontak dengan air laut, sehingga berpotensi meningkatkan resiko korosi. Sedangkan kawat seling sendiri tidak gampang korosi. Lalu, berapakah sebenarnya harga kawat seling itu sendiri? Mengingat kemampuannya yang sangat baik tentu saja harganya berbeda dari kawat yang sering kita jumpai.

Awalnya jenis kawat ini mempunyai fungsi utama mengangkat dan menarik barang-barang berat. Tapi seiring waktu dan zaman, kawat seling kini diaplikasikan di berbagai perusahaan, menyesuaikan kebutuhan masing-masing industri. Pasalnya kawat ini digemari karena memiliki ketahanan sangat tinggi, lebih awet serta dapat memperkecil tingkat resiko kecelakaan kerja.

Bagaimana, kini Anda sudah paham kan bagaimana fungsi dan jenis-jenis kawat seling? Anda kini tidak perlu lagi khawatir membeli produk kawat seling. Untuk mendapatkan tempat yang menjual kawat seling Anda kini bisa mendapatkanya di Megajaya.co.id. Megajaya menawarkan berbagai macam kawat seling yang bisa dibuat lewat berbagai macam pilihan. Silahkan cek ketersediaannya dan juga cek rantai besi disini!