Cara Mudah Hitung Estimasi Biaya Pembuatan Website

Cara Mudah Hitung Estimasi Biaya Pembuatan Website

Others

Saat Anda hendak membuat website, Anda tidak hanya harus memikirkan konsep namun juga biaya. Biaya inilah yang akan berpengaruh pada pengeluaran Anda terutama untuk website. karena hal tersebut, Anda harus memikirkan mengenai estimasi biaya pembuatan website sebelum membuat.

Sebagai dasar, jika Anda malas untuk mencari tahu, harga website sederhana dengan menggunakan layanan CMS seperti wordpress, estimasi biaya pembuatan website sekitar Rp 1-8 jutaan. Namun, besar biaya tersebut bisa lebih besar seiring dengan fitur dan kebutuhan Anda. Karena hal tersebut, tidak mengherankan jika

Jika ingin dijabarkan, ada beberapa komponen yang mempengaruhi harga dari sebuah website misalnya untuk tutorial edit video youtube. Komponen tersebut diantaranya adalah:

  • Registrasi Domain

Ketika Anda hendak membuat website, domain menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Tanpa domain, website Anda susah dan tidak akan dikenali. Besar ongkosnya ini tergantung juga dengan jenis domain yang Anda pilih, banyak domain.

Cara Mudah Hitung Estimasi Biaya Pembuatan Website
Cara Mudah Hitung Estimasi Biaya Pembuatan Website
  • Web Hosting

Jika domain diibaratkan sebagai alamat atau nama website, maka hosting diibaratkan sebagai rumahnya. Tanpa adanya hosting, file dan data yang ada di website tidak akan bisa tersimpan.

Besar hosting ini tergantung juga dari spesifikasi hosting tersebut. Mulai dari servernya, hingga kapasitas yang disediakan hosting tersebut. Jadi, jika Anda perlu kapasitas untuk website sebesar 3 GB dan untuk email sebesar 1GB, maka setidaknya Anda perlu hosting dengan kapasitas 4GB. Selain itu, pertimbangkan juga dengan bandwidth hosting karena akan berpengaruh pada performa.

  • Pembuatan

Pertimbangkan juga mengenai ongkos pembuatan website atau jasa pembuatannya. Jika Anda menggunakan website dengan CMS, maka harganya akan lebih mudah jika dibandingkan dengan website custom hardcode. Ini disebabkan karena perlu orang yang profesional dan ahli untuk membuatnya dan untuk maintenance.

Besar biaya pembuatan ini juga dipengaruhi oleh lama pembuatannya. Jika tenggat waktu yang diminta lebih cepat dari yang ditentukan oleh penyedia jasa, maka harganya akan semakin tinggi. Hal yang sama juga terjadi jika waktunya terlalu molor atau lama disebabkan karena permintaan Anda sebagai klien.

Misalnya, Anda merubah konsep atau ingin menambahkan fitur kala pembuatan website sudah hampir selesai. Karena hal tersebut, Anda perlu mematangkan konsepnya terlebih dahulu agar Anda bisa menghemat waktu, tenaga, pikiran.

  • Pembuatan Konten

Agar website tersebut menarik dan banyak dikunjungi, maka Anda perlu membuat konten. Konten ini bisa berupa artikel, audio, video, foto. Jika Anda memiliki pembuat konten sendiri, tentunya akan lebih hemat. Namun jika tidak, maka pertimbangkan ongkos untuk pembuatan konten website.

  • Biaya Maintenance

Perawatan website perlu dilakukan terutama jika Anda membuat dynamic website seperti online shop. Tujuannya agar ada pembaharuan dan fitur disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan Anda. Dengan begitu, website akan tetap menarik dan dikunjungi pembeli Anda. Jika Anda menggunakan website dinamis, Anda juga perlu pihak yang ‘menjaga’ website agar tidak dibobol.

Karena hal tersebutlah, Anda perlu mempertimbangkan dan menghitung estimasi biaya pembuatan website. Selain untuk berhemat, Anda juga akan mendapatkan penyedia jasa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.