Cara Membuat Efek Lampu Sorot Di Photoshop dengan Mudah

Cara Membuat Efek Lampu Sorot Di Photoshop dengan Mudah

Others

Ada beberapa hal yang tidak bisa Anda peroleh hanya dengan foto saja. Misalnya lampu sorot untuk memberikan highlight. Untuk menambahkan lampu sorot tersebut dengan mudah, Anda bisa menggunakan photoshop. Cara membuat efek lampu sorot di photoshop tersebut yaitu sebagai berikut.

Cara Membuat Efek Lampu Sorot Di Photoshop dengan Mudah
Cara Membuat Efek Lampu Sorot Di Photoshop dengan Mudah

Pastikan Anda sudah memiliki adobe photoshop terlebih dahulu. Jika belum, install dan pastikan photoshop tersebut berjalan dengan baik. Setelah itu, siapkan foto yang akan Anda beri efek lampu sorot. Misalnya mobil. Kemudian lakukan cara membuat efek lampu sorot di photoshop berikut:

  • Buka photoshop Anda dan kemudian buka image atau gambar yang akan diberi spotlight,.
  • Copy lebih dahulu gambar tersebut atau tekan CTRL +J. Dengan begitu, foto asli tetap ada dan bisa digunakan jika Anda ingin mencoba efek lain atau mencoba dari awal. Jangan lupa sembunyikan foto asli sehingga hanya gambar copy yang dipergunakan.
  • Pastikan Anda menyeleksi di file gambar copy.
  • Klik filter dan pilih render. Nantinya akan ada pilihan efek. Pilih lens flare.
  • Di bagian menu akan muncul pengaturan mengenai brightness. Anda bisa bebas menentukan lensa tipe apa yang ingin digunakan. Misalnya lens type 105 mm prime dengan brightness 117%.
  • Klik ok. Anda bisa juga melakukan hal yang sama di bagian lampu yang satunya. Jadi, Anda memiliki 2 efek lampu sorot untuk produk Anda.

Cara Lain

Anda juga bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan menggunakan polygonal lasso tool. Caranya adalah dengan langkah berikut:

  1. Import terlebih dahulu gambar yang akan diedit.
  2. Pilih polygonal lasso tools.
  3. Seleksi seperti Anda membentuk huruf V panjang atau terlihat seperti lampu sorot.
  4. Klik create new filter adjustment layer lalu pilih curve.
  5. Atur sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda menempatkan efek sorot dekat dengan kamera, maka lampu sorot akan terlihat semakin terang dibandingkan lampu sorot di posisi yang jauh.
  6. Setelah itu, klik filter lalu pilih blur > Gaussian blur.
  7. Buat lagi lampu sorot di dalam efek blur tadi dengan ukuran yang lebih kecil.
  8. Pilih create new fill adjustment layer lalu pilih curves.
  9. Atur lagi dan pastikan harus lebih terang dari cahaya blur yang Anda buat sebelumnya.
  10. Masuk lagi ke filter. Lalu pilih blur > gaussian blur. Dengan begitu, sorot lampu yang kedua lebih terang daripada yang pertama dan Anda berhasil membuat efek lampu sorot 1.
  11. Lakukan hal yang sama jika Anda ingin membuat efek lampu sorot yang lain. Bisa juga dengan seleksi efek lampu sorot 1, lalu ctrl+J untuk mengcopy. Setelah itu, Anda bisa memposisikan lampu tersebut sesuai keinginan Anda.

Baik cara pertama ataupun cara kedua dengan lasso tool, selama Anda mampu mengedit dengan baik, maka akan berpengaruh pada harga jasa foto produk yang Anda tawarkan ke pihak lain. Semakin bagus hasil editan maka harganya akan semakin mahal.

Karena itu, ada baiknya untuk latihan terus cara membuat efek lampu sorot di photoshop sehingga Anda tahu bagaimana trik untuk membuat efek produk yang lebih menarik. Selamat mencoba.