Bagaimana Cara Membuat Visit Link?

Bagaimana Cara Membuat Visit Link?

Others

Pernah mendengar apa itu visit link? Visit link bisa dikatakan juga sebagai anchor text yang memudahkan Anda untuk mengunjungi website acuan dalam artikel tersebut. Lantas, bagaimana cara membuat visit link?

Untuk membuat visit link, pada dasarnya Anda bisa memilih antara menggunakan cara manual atau cara block text. Cara block  text lebih mudah dan Anda tidak perlu melakukan coding lagi. Cara ini biasanya dilakukan ketika Anda mengunggah artikel di website dengan platform CMS, seperti wordpress.

Sedangkan, visit link manual biasanya digunakan ketika Anda mengelola website secara langsung menggunakan kode. Walaupun begitu, Anda tetap bisa menggunakan cara manual untuk membuat visit link di platform CMS.

Bagaimana Cara Membuat Visit Link?
Bagaimana Cara Membuat Visit Link?

Untuk membuat visit link dengan cara block text, caranya adalah:

  1. Block anchor text yang sudah Anda buat atau tentukan sebelumnya.
  2. Klik tanda rantai yang ada di bagian toolbar.
  3. Paste link tujuan yang ingin Anda kaitkan.
  4. Enter atau klik tanda panah ke bawah.
  5. Anchor link sudah dibuat.

Sedangkan untuk membuat anchor text secara manual, pada dasarnya, Anda harus menentukan apakah Anda akan membuat link dofollow atau nofollow. Untuk nofollow, Anda bisa menggunakan code <a href=”url tujuan Anda” title=”title link” rel=”nofollow’>anchor text yang digunakan</a>.

Sedangkan jika Anda memilih untuk menggunakan anchor text dofollow, Anda bisa menggunakan code <a href=”link tujuan Anda dari anchor text yang digunakan”>text</a>. Bagian text tersebut bisa Anda kosongkan atau ditulis no text jika Anda menanamkan visit link pada gambar.  

Apakah penulisan anchor link tersebut sama saja? Tentu saja berbeda. Pada dasarnya memang Anda menggunakan code di atas, namun, untuk penulisan lengkapnya tentu Anda harus menyesuaikan dengan jenis anchor text yang digunakan.

Ada 6 jenis anchor text dan cara membuat visit link yaitu:

  1. Branded anchor text: <a href=”https://nubisnis.com/”>nubisnis</a>.
  2. Generic anchor text: <a href=”https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/”>klik di sini</a>.
  3. Exact-match anchor text: <a href=”https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/”>cek backlink</a>.
  4. Partial-match anchor text: <a href=”https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/”>cek backlink website</a>.
  5. Naked link anchor text: <a href=”https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/”>https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/</a>.
  6. Image anchor text : <a href=”https://nubisnis.com/cara-cek-backlink-website-dengan-cepat-dan-mudah/”> </a>.

Anda harus ingat, untuk text yang akan digunakan sebagai anchor text, maka Anda harus menggunakan kata yang mewakili link yang Anda gunakan. Misalnya link mengenai penyedia jasa untuk backlink, maka Anda bisa menggunakan anchor text jasa backlink.

Ketidaksamaan antara anchor text dengan link yang dituju akan menyebabkan bounce rate meninggi. Jika ini Anda biarkan, maka akan membuat bounce rate di website Anda semakin tinggi dan alhasil kualitas website Anda semakin menurun.

Karena hal tersebutlah, Anda harus memperhatikan penggunaan anchor text dan pemilihan link untuk visit link. Setelah itu, Anda bisa melakukan cara membuat visit link di atas untuk memaksimalkan SEO website Anda.